cara menanam bunga matahari

Prosedur Tepat Cara Menanam Bunga Matahari

Siapa yang tidak suka dengan bunga? Tanaman hias bunga nampak cantik, harum dan selain itu juga membantu menjaga keseimbangan lingkungan dengan melepaskan oksigen dan menyerap karbondioksida. Bunga matahari adalah salah satunya dengan tampilan bunga yang besar dan sangat indah. Bagaimana cara menanam bunga matahari?

Bunga matahari membutuhkan perawatan termasuk intensitas cahaya matahari, air dan cuaca yang tepat. Namun boleh jadi salah satu tanaman bunga yang paling mudah untuk tumbuh, bahkan anak-anak pun bisa menanamnya adalah bunga Matahari. Yang perlu dilakukan hanyalah menabur benih langsung ke tanah di tempat yang cerah tetapi terlindung maka bunga berwarna kuning cerah pun akan tumbuh meninggi, cek dulu di Aliciaflorist.com

Anda bahkan dapat menanam benih bunga matahari dalam pot kecil. Hanya dalam beberapa minggu penyiraman teratur maka Anda akan melihat benihnya mulai tumbuh keluar dari tanah. Nah, berikut tahapan-tahapan cara menanam bunga matahari :

Membeli Benih dan Pot

Anda bisa membeli biji bunga matahari dari tempat pembibitan atau toko tanaman hias dan bahkan bisa memesannya secara online. Apabila Anda telah mempunyai tanaman bunga matahari yang sudah dewasa, ambil bijinya lalu simpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Tanam benih bunga matahari sedini mungkin karena benih yang tua akan lebih susah tumbuhnya. Anda dapat memilih benih bunga matahari yang varietas batang tunggal atau batang bercabang. Sementara untuk wadah penanaman, pilih pot dengan ukuran yang tepat. Ukuran wadah haru sesuai dengan tinggi dan jumlah bunga yang diinginkan di setiap wadah. Apabila Anda tidak yakin dengan ukuran bunga matahari saat dewasa, Pilih saja pot ukuran besar. Bunga matahari membutuhkan ruang yang cukup untuk tumbuh. Namun apabila Anda memanfaatkan pot lama, bersihkan dan sterilkan secara menyeluruh sebelum digunakan. Pastikan pot itu punya drainase yang baik bila tidak ingin benih yang ditanam membusuk. Anda dapat meletakkan piring plastik di bawah wadah untuk mencegah limpasan air penyiraman.

Media Tanam

Pilih tanah lapisan atas yang berkualitas baik dan kaya nutrisi untuk menanam bunga matahari. Mencampurkan kompos dengan tanah akan membuatnya kaya nutrisi untuk bunga matahari yang ditanam. Untuk cara menanam bunga matahari, siapkan biji lalu buat lubang di media tanam kurang lebih 3 cm. Namun bila ingin menanam lebih dari satu benih bunga matahari, Anda perlu menabur benih dengan jarak 10 sampai 13 cm. Anda juga dapat menambahkan lapisan tipis kompos ke tanah lapisan atas setelah benih disemai. Hindari menabur benih terlalu dekat dengan tepian wadah.

Penyiraman

Kebutuhan air bunga matahari selama masa pertumbuhannya akan lebih banyak dibanding kebanyakan tanaman lain. Tanah yang menjadi media tanamnya dipastikan selalu lembab namun tak menggenang. Bunga matahari membutuhkan setidaknya 7,6 liter air seminggu pada saat benih berkecambah.

Apabila Anda tidak memberikan cukup air selama tahap pertumbuhannya, maka bunga matahari akan memiliki batang yang tipis dan lemah, tidak dapat menahan bunga yang berat itu. Indikasi bila tanah memiliki drainase yang baik yaitu air mengalir melaluinya dengan cepat. Jika air menggenang di pot berarti ada masalah drainase.

Pemupukan

Cara menanam bunga matahari dalam prosesnya tak boleh meninggalkan pemupukan. Bunga matahari sebenarnya tak memerlukan banyak pupuk, namun sedikit bisa membantu. Fosfor dan kalium bisa memicu pertumbuhan yang lebih besar, sementara unsur nitrogen akan menunjang pertumbuhan daun. Usahakan untuk memberikannya pupuk seimbang 5-5-5 (NPK), yang hanya perlu diberikan sekali.

Terimakasih, Aliciaflorist

Published by

Rompis

Bleh Bleeh....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *